Sabtu, 27 Juli 2013

PENIPUAN PT ANGKASA PURA TOUR & TRAVEL Berkedok Lowongan PT SEMEN GRESIK GROUP

PENIPUAN YANG MENGATASNAMAKAN PT SEMEN GRESIK GROUP DENGAN MODUS AGEN TRAVEL YANG MEMINTA TRANSFER SEJUMLAH UANG UNTUK BIAYA AKOMODASI.

  
      Jumat Siang tepat sekitar pukul 12.44 WIB Tanggal 26 Juli 2013. Sebuah pesan singkat (SMS) Saya terima dari HRD Manager Bapak Erwin Susanto / 082316555316 yang mengatasnamakan dirinya sebagai Department of Human Resources Development Recruitmen Section PT SEMEN GRESIK GROUP. Yang isinya

“Diumumkan Kepada Karyawan PT Semen Gresik Group. Nama-nama Peserta Lulus Tes Administasi dan Kualifikasi sudah Kami Kirim Via Email. Mohon dicek dan Konfirmasi kesediaan Saudara/i ditunggu sampai pukul 18.00 WIB. Terima kasih”.
 
        Saat itu juga Saya langsung mencari koneksi internet terdekat untuk mengecek Email yang masuk dan ternyata ada Surat Undangan Tahapan Seleksi dan Tabel Peserta yang lulus seleksi dengan format PDF Sebanyak Sembilan lembar. Timbullah pertanyaan “Sejak kapan Saya mengikuti tes Administrasi dan Kualifikasi?”. Sedangkan Saya hanya coba-coba mengirimkan CV via Email kemudian dinyatakan lulus tes administrasi dan kualifikasi.
   
        Mungkinkah Perusahaan Besar Milik Negara menerima lulusan Universitas Swasta Fakultas Pendidikan yang minim pengalaman tanpa test tanpa panggilan wawancara tiba-tiba diterima seleksi?. Logikanya Saya ini hanya Alumni Fakultas Pendidikan yang sangat tidak sesuai dan tidak berhubungan dengan jabatan yang diberikan.
   
        Inti dari isi Email itu Saya dinyatakan lolos seleksi dan berhak mengikuti tahap seleksi di Jakarta dengan catatan harus memesan tiket pada Travel yang sudah ditunjuk oleh perusahaan PT Semen Gresik Group. Hal yang sangat mencurigakan, pada saat Saya buka internet di situs resminya PT. Semen Gresik tidak memiliki kantor cabang di tempat lain bahkan anak cabang lainnya tidak ada nama PT Semen Gresik Goup yang ada nama baru dari Semen Gresik adalah PT Semen Indonesia. Seperti halnya modus-modus penipuan sebelumnya Penipu ini meminta untuk mentrasfer biaya pemesanan tiket ke Perusahaan travel yang ditunjuk untuk biaya akomodasi dan transportasi P-P dari Surabaya-Jakarta. Setelah diamati kembali surat resmi berformat pdf tersebut banyak sekali kejanggalan isi suratnya. Karena latar pendidikan Saya adalah Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia maka untuk masalah korespondensi bisa sedikit dimengerti. Berikut adalah kejanggalan yang patut dicurigai

  1. Pada kop Surat/Kepala Surat tidak dicantumkan Logo Perusahaan, tidak ada alamat Kantor, tidak ada website Perusahaan, tidak ada Nomor Telepon dan Email, yang dicantumkan hanya logo burung Garuda sebagai kop Surat, Tulisan PT Semen Gresik Group dan kop gambar Tahun 2013. Kejanggalannya tidak ada perusahaan besar yang tidak menggunakan logo perusahaannya pada kepala surat. 
  2. Pada bagian Nomor Surat terdapat kesalahan, Nomor Surat itu tertulis 69/HRD-Recruit/SemenGresik/XI/2013. Padahal Saya terima surat ini Bulan Juli seharusnya angka Bulan Romawi tertulis 69/HRD-Recruit/SemenGresik/VII/2013. Mana mungkin Perusahaan Besar tidak mengerti Penulisan Nomor Surat. Sedangkan Instansi kecil saja seperti Karang Taruna / RT harus jelas penulisan Nomor suratnya. Mungkin penipu atas nama Bapak Erwin Susanto lupa mengedit surat palsu ini. Boleh jadi ia sudah gunakan surat ini berkali-kali.
  3. Seleksi langsung dilaksanakan di Jakarta namun tidak disertakan alamat lengkap tempat pelaksanaan, dan penginapan. Bukankah prosedur yang seharusnya pelamar mendatangi Kantor utama di Gresik untuk mengkonfirmasi (Interview, tes, cek berkas dan lain sebagainya) kemudian diarahkan ke Jakarta untuk melaksanakan seleksi selanjutnya yang sudah diproses oleh General Affair (GA / HRD) Perusahaan tersebut. Bukan panggilan secara online langsung diterima lulus seleksi kemudian diminta langsung mengikuti seleksi di Jakarta via online melalui Agen Travel tanpa mengetahui siapa orangnya & Siapa Penanggung jawabnya.
  4. Email Pengirim pada saat dicek ulang ternyata penipu ini menggunakan google mail bukan email dari website perusahaanya seperti hrd-semengresikgroup@gmail.com yang seharusnya Email dari situs reminya PT Semen Indonesia info@semenindonesia.com. Sangat menyedihkan sekali perusahaan penipu tidak punya Email perusahaan penipuannya.
  5. Kita harus melakukan reservasi tiket pesawat PP melalui agen yang sudah ditunjuk oleh pihak perusahaan melalui sms dan transfer uang senilai jutaan via atm. Uang tersebut dijadikan modus sebagai biaya transport yang akan diganti dengan sistem Refund/Reimbursement pada saat test di Jakarta.
  6. Agen tersebut bernama PT. ANGKASA PURA TOUR & TRAVEL dengan penanggung jawab Bpk CANDRAH ARIYANTO. Perusahaan tersebut memang mencantumkan alamat namun jika dicek di internet tidak ada travel atas nama PT ANGKASA PURA TOUR & TRAVEL pada alamat tersebut. Dan parahnya lagi tidak mungkin sebuah agen travel yang ditunjuk perusahaan besar tidak memiliki website atau blog yang menggunakan sistem e-ticketing. 
  7. Dari surat yang ditulis dalam bahasa Indonesia itu nampak penipu ini sudah sangat profesional. Dia juga mencantumkan rincian kegiatan seleksi, daftar peserta dan peserta cadangan, standard SOP perusahaan serta contoh tiket yang sudah di reservasi.

 
        Mohon berhati - hati terhadap penipuan sejenis ini. Awalnya saya ingin sekali mengikuti kegiatan seleksi ini. Tapi berhubung dana tidak ada makanya saya mencari kebenaran terlebih dahulu isi surat tersebut.
Saya juga mengecek pencarian pada Google ”Penipuan lowongan PT Semen Gresik Group” .
dan ada beberapa artikel yang menjelaskan Penipuan yang berkedok sama dengan saya .


lampiran:









94 komentar:

  1. terimakasih atas infonya, barusan saya mendapat sms seperti yang anda ungkapkan
    thank a lot
    :)

    BalasHapus
  2. terima kasih atas infonya ya, hampir saja saya tertipu karkedok PT. Pamapersada Nusantara, mohon hati2 yaa ..

    BalasHapus
  3. Bukan itu saja, ada juga atas nama PT TOTAL OIL INDONESIA. Saya harap kita jangan terburu buru menyikapi panggilan test, ini modus yang berbahaya bagi para pencari kerja. Biasanya perusahaan tidak ada hubungannya dengan travel manapu, karena dia punya General Affair (GA-Dept HR) yang mengurus segala macam perecrutan karyawan baru. Dan mereka lansung mengirim tiket bagi calon karyawan yang diluar tempat diselenggarakannya test tersebut.

    BalasHapus
  4. terima kasih saya hampir saja memesan tiket atas nama PT. PERINTIS PELAYANAN PARIPURNA (HEALTHCARE).

    BalasHapus
  5. Kemaren kakak saya juga lamar kerja dan dia minta email nya di buka. katanya ada panggilan kerja. emang sih kakak saya melamar di lokerr.com. Perusahaan nya bernama PT.Ocean Petro Energy. Di inbox email kakak saya dikirimkan 2 file PDF dan ada Angkasa Pura Travel di sana. Begitu saya cek di internet, yang saya temukan malah posting blog ini. Dari situ saya tau bahwa ini penipuan. Terimakasih atas posting nya. nanti saya juga akan posting di blog saya dan saya jg akan cantumkan blog saudara biar yang lain nya tau penipuan jenis ini.

    BalasHapus
  6. Penipuan yang sekarang (18-11-2013) dan telah saya terima emailnya atas nama perusahaan PT PAMAPERSADA NUSANTARA
    pelaksana Bpk.Akbar Soleh / ☎0852 9993 3453 ☎
    dan travelernya
    PT. ASIA TRAVEL Bpk. Rahman Hamdani/ ☎0853 9953 1587 ☎
    pelaksanaan Tes dibali

    BalasHapus
  7. hahahahahaaaa untung ada info dari sini
    terima kasih
    saya tadi pagi dapat balasan email seperti itu

    BalasHapus
  8. ane dapet dari PT. OCEAN PETRO ENERGY juga,, jaaaaaan jaaaan :hammer

    BalasHapus
  9. terima kasih saya juga dpat email dari PT Saptaindra Sejati (SIS) dengan agen travel ANGKASA PURA TOUR & TRAVEL.,., hati2

    BalasHapus
  10. sama gan, ane juga dapet dari PT. OCEAN PETRO ENERGY....
    makasih gan infonya

    BalasHapus
  11. thank you gan...barusan jug sya dpt dr PT. OCEAN PETRO ENERGY....hahahahahhaha.....so funny...

    BalasHapus
  12. Saya brsn dpt dr total oil u/ kerja di balikpapan... dgn agen travel pt.angkasa pura jg gan.....

    BalasHapus
  13. saya juga dapet email dan sms yang sama siang tadi atas nama PT TOTAL OIL INDONESIA dan PT ANGKASA PURA Tour & Travel. Asli penipuan !!

    BalasHapus
  14. buset trnyata penipuan yah, thx bgt gan,, asli bermanfaat bgt,, undangan dr email nya tuh sperti nya myakinkan bgt, mngkn klo org yg kurang teliti telah berhasil d kelabui,,
    asli thx bgt, saya jg barusan mendapat email dr PT Total Oil Indonesia, dgn modus yg sm dgn agan2 skalian..

    BalasHapus
  15. hadehhh hampir aja kena tipu suruh beramgkat interview di bali ternyata bajingan tengikkkk!!!

    BalasHapus
  16. Wah terima kasih saya juga barusan dpt sma serupa dan benar2 out of logic sekali untung saya tdk tergiur dan kroscek dulu

    BalasHapus
  17. Fenny Nurul Azizah19 Mei 2014 pukul 10.41

    Barusan banget dapet email yg sama dari PT. Total E&P Indonesie, untung langsung cari2 info di google tentang penipuan berkedok recruitment. Harap berwaspada yaa rekan-rekan :)

    BalasHapus
  18. Hampir aja ketipu. Jahat bgt penipu itu, padahal saya sedang mencari pekerjaan, dan sudah 8 bulan ini saya mengganggur. Untung aja baca info ini. thank you bgt. Saya juga hari ini dapat email yang mengatasnamakan PT. Semen Indonesia. Tp aneh yah. Saya kan apply via portal pencari kerja dan apply via email. Bagaimana penipu itu tahu saya melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Adakah yang bisa menjawab pertanyaan saya?

    BalasHapus
  19. saya mendapatkan 2 panggilan test dengan waktu yang bersamaan yakni dari PT Britmindo dan PT Sanopi Tour & Travel, lucunya kedua surat panggilan ini formatnya sama dan sama persis dengan contoh postingan diatas. Ini sindikat yang tahu kita masukkan lamaran kemana saja, WASPADALAH!!

    BalasHapus
  20. hahahahha...
    mksh mksh atas infox..
    barusan saya juga dapat sms dri tukang tipu ini...
    terus dapat kriman email jg sama kyk yg mas/mbak jelasin...
    mudah2n aja gk selamat tuh hidup org yg nipu2..

    BalasHapus
  21. Tks bro..
    Gua baru aja dpt email nie..bangsat ne orang..anjiiinnk bener..

    BalasHapus
  22. barusan Istri saya dapat email dari PT. Semen Indonesia untuk melakukan pemesanan tiket di PT . Angkasa Raya Travel dan di suruh melakukan transfer dengan total biaya sebesar 1.970.000 di rek BRI :0106-01-021000-53-6 An. Bapak Hary Erlangga tlp. 085222976797. apa benar info tersebut. atau Penipuan seperti yang sebelum - sebelumnya. Terimakasih

    BalasHapus
  23. Ane hampir aj juga ketipu......Tp Alhmdulillah....masih sempat mikir rasional browsing dulu cek t AGen tiket n Travel,,,ecchhh tau x abal2 aj...Penipuan

    BalasHapus
  24. Trimakasih infonya, saya barusan jg dapat email pdf, kronologis dan formatnya sm.cm ini semen padang. Penipuan jg no telp yg di kop surat berbeda dgn no.tlp yg sy konfirmasi di 108.dan lebih anehnya no tlpnya kode padang dan pekanbaru kemudian ada ho.hp jg.

    BalasHapus
  25. Saya pun hampir saja tertipu berkedok lowongan kerja RS.Siloam yang sebelumnya memang saya melamar resmi ke RS.Siloam tersebut via situs pencarian kerja ternama di indonesia, saya kira memang panggilan resmi dari RS.Siloam karena secara kebetulan 3 hari sebelumnya ada sms dari RS.Siloam yang asli tapi dari jakarta dan memang tidak ada seleksi test isi smsnya hanya pemberitahuan bahwa lamaran telah di terima dan meminta saya menunggu konfirmasi selanjutnya dari RS.Siloam dan memang sms nya pun tidak bisa di balas karena memang tidak ada nomornya seperti layaknya sms dari operator selular, nah tadi sore tanggal 7-jan-2015 tiba2 ada email yang masuk ke saya yang isinya lampiran surat perihal panggilan seleksi test yang dia adakan oleh RS.Siloam TAPI DI SURABAYA TESTNYA, isinya menyatakan saya telah lolos seleksi administrasi dan harus mengikuti seleksi tersebut pada hari senin tanggal 12-jan-2014 di surabaya, di jelaskan bahwa seluruh akomodasi akan di tanggung oleh pihak RS.Siloam dari mulai Tiket pesawat, hotel, dan konsumsi selama masa test. akan tetapi seluruh akomodasi tersebut akan di ganti dengan sistem reimburse alias pake uang kita dulu baru nanti pas di tempat test di ganti uang kita, saya masih melum berfikir negatif karena memang sebelumnya saya melamar ke RS.Siloam secara resmi melalui situr pencarin kerja terbesar di indonesia pula, kejanggalan mulai terjadi ketika saya baca dalam surat panggilan tersebut mengatakan bahwa kita harus menggunakan jasa travel yang bekerja sama dengan RS.Siloam yaitu PT.ANGKASA PURA TOUR & TRAVEL apabila kita ingin mendapat penggantian uang akomodasi tersebut, disebutkan juga kita harus menghubungi orang yang bernama AGUS SOFIAN 0852-3158-2000 sebagai penanggung jawab PT.ANGKASA PURA TOUR & TRAVEL tersebut,, dengan polos saya menghubungi orang tersebut dan tidak banyak curiga saya menanyakan prosedur pemesanan tiket dan hotel untuk akomodasi ke surabaya, kejanggalan juga muncul di sini, si agus sofian ini saat di telp sama sekali tidak ramah bahakan cenderung tidak sopan, setahu saya harusnya pelayanan dari biro perjalanan itu ramah dan di jelaskan kepada kita secara detail dan terperinci mengenai renana perjalanan kita, ini malah terkesan buru2 dan memang tidak sopan, saat saya menanyakan bagaimana soal hotel malah si bajingan yg mengaku bernama agus tersebut membalas sms saya dengan kata2 kurang pantas dan profesional sebagai agen travel dengan berkata "Maaf hanya melayani yang serius.." kalau travel yang asli tidak mungkin melakukan hal seperti ini, sebisa mungkin dia akan ramah terhadap customer se"bodoh" apapun pertanyaan customer pasti di jawab dengan profesional, kejanggalan selanjutnya terlihat jelas ketika dia meminta saya mengirimkan uang pembelian tiket Garuda seharga 1.7 PP, dan voucher hotel sebesar 1jt untuk 3 hari di surabaya karena memang proses seleksi di dalam surat tersebut 2 hari. jadi dia meminta saya mengirimkan total 2.7jt ke rek.BRI 0137-01-09492-508 a/n Amanda Dwiputri (hayo yang merasa polisi silahkan catat dan tangkap tuh no rekening pelaku penipuan). dan akhranya dari sini saya tersadar bahwa orang ini mencoba menipu saya,, untung Allah SWT masih menjernihkan fikiran saya yang memang sebelumnya butek terbelenggu kebutuhan pekerjaan, dan saya sedikit caritahu dan merunut kembali lamaran saya dan sayapun mengkroscek ke pihak RS.Siloam tersebut dan ternyata Eng..Ing..Eng.... RS.Siloam tidak pernah mengadakan seleksi di surabaya...
    Alhamdulilah akhirnya saya terhindar dari rencana keji yang ngakunya brenama si agus sofian tersebut.... untuk rekan2 yang lain berhati-hatilah dan harus tetap jernih berfikir dan logika kita harus tetap jalan walaupun kebutuhan akan pekerjaan sangat mendesak agar kita tidak jadi korban tipu orang2 calon neraka tersebut..

    BalasHapus
  26. Seperti mas Rendri, saya juga alami dengan modus undangan seleksi penerimaan karyawan RS. Siloam di Surabaya, dengan transport dan akomodasi diurus oleh Angkasapura Tour & Travel. Pokoknya persis sisss sama yang dialami mas Rendri. Saya memperoleh situs blog ini gara-gara mau cek harga tiket ke situsnya Angkasapura Tour & Travel, ternyata situsnya gak ada, saya mulai curiga. Alhamdulillah malah nemu blognya muisfian.blogspot.com mengenai penipuan yang berkedok pelaksanaan seleksi karyawan yang dilakukan oleh Angkasapura Tour & Travel. Setelah saya cek memang bannyak kejanggalan2 dari email dan sms yang saya terima hari ini tgl. 9 Januari 2015. Salah satunya dari kop surat undangan tertulis alamat RS.Siloam Surabaya benar tapi no. teleponnya (021) 40476789 padahal saya cek ke situs resmi RS. Siloam Surabaya no. teleponnya 031-5031333. Belum lagi kejanggalan2 lain yang disampaikan oleh mas Rendri maupun yang saya dapat. Jadi untuk rekan2 harap hati2 bila mendapat surat seleksi karyawan yang dikaitkan dengan yang namanya Angkasapura Tour & Travel, teliti dan cek dulu aja keasliannya.

    BalasHapus
  27. ok broow trims... barusan gw juga galau....dapet panggilan RS SILOAM... harus test disurabaya..ditanggung biayanya....

    BalasHapus
  28. Terima kasih gan infonya.....hr ini hampir saya jg kena tipu...RS.Siloam Hospital yg mengharuskan test di surabaya....sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  29. tepat hari ini selasa 03-03-2015 saya mempunyai cerita sama dengan mas rendri
    yg mengatas nama kan RS SILOAM dan bekerj sama dengan PT ANGKASA PURA TRAVEL N TOUR saya DR GERSU CHANDRA PAUL
    setelah saya cek tdk ada nama DR Gersu di siloam
    alhamdulilah allah telah memberikan petunjuk kpd saya

    BalasHapus
  30. tepat hari minggu (tidak bisa cek ke bank alamat pemilik rekening) dan ketidaktelitian saya ( karna senang banget dpt panggilan ke jakarta tes seleksi kerja maklum udah 3 bulan menganggur dan udah berkeluarga) mendapat email seperti diatas dari PT. PARMAPERSADA NUSANTARA.........tanpa pikir panjang (hanya berpikir perusahaan besar kadang menanggung biaya tes seleksi dan biaya lain-lain dan akan di reimbeurst) saya ke ATM BRI mentransfer biaya transportasi PP Jambi ke jakarta sebesar 1.557.900 ke rek. BRI an.Dimas Adrianto, tapi ketika menunggu sms jumlah biaya akomodasi n hotel, allah SWT memberi petunjuk, saya pulang dulu n istri saya menngecek kebenaran di google dan memberitahu penipuan ini, ya allah....uang biaya transportasi tersebut saya pinjam dari uang mertua di rek.istri saya, saya belum ada penghasilan dan harus mengganti uang tersebut.........berangkat pun hanya khayalan dan pekerjaan pun tiada di dapat

    BalasHapus
  31. Barusan gw jg dapet format sms & email yg hampir sama persis kyk agan ini.. dapet panggilan test di daerah Malang Jawa Timur dari PT. Holcim Indonesia tgl 1-3 Juni 2015. biaya transportasi dan akomodasi ditanggung. disuruh urus tiket n transfer ke ANGKASA RAYA TRAVEL an SURYA FAUZIH. Alhamdulillah Allah nunjukkin jalan lwt blog ini.. thanks bro infonya

    BalasHapus
  32. Barusan sy jg ada panggilan dr pt holcim di jawa timur untk seleksi tgl 1-3 juni 2015 an Bpk Wahyu Santoso - hrd (082311533535). Disuruh reservasi tiket ke ANGKASA RAYA TRAVEL an Bpk Surya Fauzih (087803378333). Setelah itu sy menunda pemesanan tiketnya. Ga berapa lama hrd itu nelfon sy dan mencaci-maki saya, ktnya sy penipulah. Lho pdhal sy yg mau ditipu. Masa hrd perusahaan sebesar pt holcim memaki maki calon karyawan spt itu...haha. Untung sy buka blog ini. Terima kasih ya atas infonya. Untuk yg sedang mencari kerja, HARAP BERHATI HATI DGN MODUS PENIPUAN SPT INI.

    BalasHapus
  33. Ternyata stlh sy cari di internet no hp 082311533535 adalah orng dgn nama yg bnyk...Wahyu Santoso, Wahid Saputra, dll. HATI HATI DGN PENIPU SPT ITU. Dia memiliki alamat email: semenindonesia49@yahoo.co.id
    Berhati-hatilah bila dpt email dr alamat tsb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya baru tadi dapet email kygt juga hahahaha

      Hapus
    2. hahaha.... travel penipunya punya cabang baru berarti "ANGKASA RAYA TRAVEL".
      tapi kog masih pakai email yahoo yah?
      seharusnya kan dah punya email sendiri seperti
      recruitment@semenindonesia.com

      Hapus
  34. waduhhhh saya juga hampir ketipu....nich barusan dapat email panggilan Siloam Hospitals, untung ada mbah google nunjukin blog ini.....

    BalasHapus
  35. Terima Kasih info nya...barusan sy dpt sms dr pt semen indonesia disuruh cek email. pas dicek di inbox tdk ada trnyt msk spam...udh jls penipuan...hrs booking ticket ke gresik melalui angkasa raya travel..
    Teman2 mau tanya...sbnrnya prosedur rekruitment yg asli dr perusahaan apabila di terima utk ikut tes seleksi sprt apa? misal perusahaannya di luar kota...Pihak perusahaan yg jemput atau bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saat panggilan pertama harus datang sendiri gan..
      dulu saye waktu panggilan ke Pengolahan ikan Banyuangi datang sendiri modal sendiri.
      baru nanti setelah diterima perusahaan ataupun ada training ditempatkan di tempat jauh baru ditanggung perusahaan.

      Hapus
  36. hal yang sama jg trjadi pada saya krna baru saja mndapat email dr rs siloam n hrs jg transfer uang unt beli ticket ke PT ANGKASA PURA TOUR & TRAVEL. alhamdulillah ada blog ini, makasih banget ya...
    oya, mngapa ya kasus penipuan ini tidak di sidak oleh polisi, jika di prhatikan sprti y kasus ini sudah berjalan brtahun2, pasti bnyak yg telah tertipu. mohon buat polisi yg sdah mngetahui penipuan ini utk di tangkap, ini no yg d gunakan utk mnghubungi saya dalam hal perekrutan: 0818207683, 081525804888. tolong mohon pada aparat yg berwajib mmbantu masyarakat menindak lanjuti penipuan ini. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukur Alhamdulillah,,
      iya sama-sama Dinda Aryasti..
      Memang agak sulit untuk menindak lanjuti kasus penipuan dunia maya atau istilah Cyber Crime karena Nama, Alamat, Contact person, pekerjaan Pelaku yang tidak jelas.
      maka daripada itu kita senantiasa waspada, berhati-hati dan bersikap rasional dalam menyikapi tawaran yang datang dengan mencari kebenarannya terlebih dahulu..

      Hapus
  37. Saya dapat barusan penipuan spt diatas daru PT MEDCOENERGI šŸ˜’šŸ˜’šŸ˜’šŸ˜’
    HATI-HATI YA....saya memang pernah memasukan lamaran ke medco, jadi sepertinya ini kerjaan orang dalemnya

    BalasHapus
  38. saya juga barusan dapat a.n PT . ANGKASA PURA 2. lokasi di jakarta tes nya di medan. baru calon pegawai masa sudah difasilitasi berikut hotel makan tiket PP dan seragam nya pun difasilitasi, mencurigakan sekali.

    BalasHapus
  39. wah ternyata sudah byk ya, barusan saya juga dapat undangan selecsi an. RS MITRA KELUARGA SURABAYA, ...haduh...Asataghfirullohal adzimm...

    BalasHapus
  40. waah saya juga nih baru aja dapet dr RS SILOAM, di suruh test di bali dan beli tiketnya di AVIA TOUR. padahal saya di jakarta. katanya juga akan diganti biaya akomodasinya. makannya langsung searching. untung sempet baca ini. makasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama @Yan Indira Kumala Murti..
      smoga selalu diberi kmudahan

      Hapus
  41. Alhamdulilah allah msh melindungi saya, saya baru dapat Email pagi ini, saya kirim Email lamaran via Email ke rs siloam kira2 5 hari yg lalu, pagi ini dpt balasan Email di rs. Siloam persis sama kaya yg tertera diatas formatnya saya kirim bulan februari tp disitu tertera angka romawi Ix/2016, sdngkan saya kirim februari II/2016, dilogika saya kalau memang saya lulus tes administrasi seharusnya via tlp utk interview, anehnya lg saya tinggal dijakarta sdng kan tes hrs pake biaya hotel segala, saya cari tahu dengan menggunakan Internet penipuan akhirnya ketemu dengan blog suara hati..tnk bpk muizz infonya

    BalasHapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. Alhamdulilah Allah masih melindungi saya, saya baru dapat Email pagi ini Jumat 06.02 WIB, saya kirim lamaran via Email ke rs Santaelisabeth dua hari yang lalu tgl 17-2, pagi ini dpt balasan Email dari Rs. Santaelisabeth dan SMS dgn No HRD 085696691780 A/N Dr.Kris Pranarka persis sama kaya yg tertera diatas formatnya saya kirim bulan februari tapi disitu tertera angka romawi Ix/2016, sdngkan saya kirim februari II/2016, dilogika saya kalau memang saya lulus tes administrasi seharusnya via telpon untuk interview, anehnya lg saya tinggal di Makassar sedangkan tes di Batam dan hrs pake biaya pesawat dan penginapan segala dan disuruh reservasi tiket ke Angkasa Pura tour & Travel, A/N Wemuy Laturua (0818207683), saya cari tahu dengan menggunakan Internet penipuan akhirnya ketemu dengan blog suara hati..Terima Kasih bpk Muizz infonya

    BalasHapus
  45. aku juga dapet sms buat seleksi kerja PT ANGKASA PURA II di riau, alhamdulillah aku masih di selamatkan oleh allah swt. travelnya atas nama angkasa tour & travel. sebelumnya aku mendapat sms seleksi karyawan PT ANTAM PERSERO dan lokasi test nya di medan WOW banget haha, dengan nama travel GREEN CYTI TRAVEL haha nulis nama CYTI nya aja udah salah, ketauan banget ini boong, dan untungnya kebetulan aku orang pariwisata, udah sering denger kasus kayak begini. ngakak huahaha
    bagi temen temen yang lain harus hati hati yah, sebelum kita mengikuti tes abal abal kayak gitu, coba cek dulu website resmi dari perusahaan tersebut, waktu saya cek website PT ANTAM PERSERO, dan isinya berupa " Saat ini belum tersedia lowongan kerja lainnya. Pertanyaan terkait dengan proses rekrutmen dapat dikirimkan melalui email ke recruitment@antam.com.

    Sehubungan dengan maraknya penipuan terkait rekrutmen yang mengatasnamakan PT ANTAM (Persero) Tbk (ANTAM), dapat kami informasikan bahwa ANTAM tidak memungut biaya apapun selama proses rekrutmen. ANTAM juga tidak bekerja sama dengan biro perjalanan manapun untuk pengurusan transportasi dan akomodasi. Pertanyaan dan laporan mengenai rekrutmen dan informasi-informasi lain menyangkut Perusahaan dapat ditujukan ke:

    Email: recruitment@antam.com
    Twitter: @OfficialAntam
    Facebook: PT ANTAM (Persero) Tbk
    see, ya aku titip aja sebelum melamar ke perusahaan besar dan ternama di indonesia terutama perusahaan BUMN, kita harus cek dengan teliti dan pasti pada perusahaan yang akan kita coba untuk melamar pekerjaan. Thank's

    BalasHapus
  46. saya juga dapat dt PT Charoen Pokhpand. angkasa pura tour and travel juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo masih ragu bisa cek langsung ke website resminya gan...
      di sana pasti ada info kontaknya

      Hapus
  47. hampiiii saja saya kena juga... terima kasih info nya.. semoga bermanfaat....hati hati terhadap seleksi PT. Charoen Pokphand.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama Lidia santy semoga bermanfaat juga bagi yang lain..

      Hapus
  48. Jabang bayiiik, Saya juga baru saja dpt email dr PT McDermott Indonesia, ktnya bkrj sama dg biro ANGKASA PURA, biaya akomodasi dan hotel di handle oleh biro tersebut, suruh reservasi ticket pesawat dan penginapan hotel melalui biro bangsat tersebut. Oraaaa sudiiiii..., Bajingan Tengik Biro perjalanan ANGKASA PURA.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane jg bos.. tesnya di batam padahal ane di jogja

      Hapus
  49. wah,....hari ini tgl 17 mei 2016 saya dapat info kalau saya sudah lolos tes administrasi di PT.ANTAM ( PERSERO ) TBK, kapan tesnya n kapan berangkatnya ya,,..hahahhaha....tulis nomor surat pun salah, ttd sama dan nama pun sama Dgn semen Gresik..Dasar...
    masyaallah...sadarlh wahai penipu...dosanya besar lho... : ) ......

    BalasHapus
  50. barusan saja aku dapet dr PT Charoen Pokphand wkwkw sama kaya yg di atas, ini aku lagi cari kontak peserta yg tercantum, mau ngabari aja kalo ini penipuan, ada sekitar 20 orang di daftar itu, terbaru ini, logo nya sudah benar PT charoen tp kebawahnya buseettt wkwk persis kaya yg di tulis d atas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. suami sy br sj per tanggal 26 november 2016 d hubungi pt CP untuk ikut seleksi d jkt. Memang mencuriga kan email nya.Kita buka situs nya pt. CP dan ada peringatan klo pt tsb tdk pernah bekerjasama dng agen travel mana pun. penasaran sy buka link agen yg d tunjuk ehhh akhir nya dpt info. terimakasih rekan sekalian.

      Hapus
  51. Saya udah kena tipu Rp 2810000 untuk pembelian tiket PP pekanbaru- Jakarta + biaya akomodasi dan penginapan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kena tipu Rp. 575.000

      Hapus
    2. Puji Tuhan saya blm wkwk justru dia yg saya tipu.. Moso saya di suruh TT 970rb buat PP pake lion air.. ngapain.. Wong Smg - sby naik kreta aja malah lbh murah kok..

      Hapus
    3. Puji Tuhan saya blm wkwk justru dia yg saya tipu.. Moso saya di suruh TT 970rb buat PP pake lion air.. ngapain.. Wong Smg - sby naik kreta aja malah lbh murah kok..

      Hapus
    4. Puji Tuhan saya blm wkwk justru dia yg saya tipu.. Moso saya di suruh TT 970rb buat PP pake lion air.. ngapain.. Wong Smg - sby naik kreta aja malah lbh murah kok..

      Hapus
    5. Pas bgt aq baca artikel ini karna aq penasaran dapet panggilan ikut seleksi di angkasa pura terus hotel penginapan dan akomodasi sebesar Rp.3.347.000 di tanggung sama peserta nnti setelah selesai seleksi di ganti sama pihak angkasa pura 2 .. itu buat hati aq janggal.. ya allah makasih bgt buat info nya ternyata itu penipuan

      Hapus
    6. Pas bgt aq baca artikel ini karna aq penasaran dapet panggilan ikut seleksi di angkasa pura terus hotel penginapan dan akomodasi sebesar Rp.3.347.000 di tanggung sama peserta nnti setelah selesai seleksi di ganti sama pihak angkasa pura 2 .. itu buat hati aq janggal.. ya allah makasih bgt buat info nya ternyata itu penipuan

      Hapus
  52. Hati-hati bila anda mendapat email spt ini :

    Nomor : 007/HRD/ANGKASA PURA/BPN/V/2016
    Perihal : Panggilan Interview Calon Karyawan
    Lampiran : lll (Tiga)

    Kepada Yth : Peserta Interview
    Di,-
    Tempat.
    Dengan Hormat,Sehubungan dengan Rekrutmen calon karyawan pada perusahaan PT. Angkasa Pura yang dilaksanakan di Departement of Human Resources Development PT. Angkasa Pura yang bertujuan untuk menentukan individu - individu yang tepat dan berkualitas sesuai dengan tuntutan dan tantangan dari setiap posisi yang kami tawarkan guna mendukung keberhasilan dan keberkelanjutan dari kegiatan operasi PT. Angkasa Pura.
    Berdasarkan hasil evaluasi awal Tim Rekrutmen Section Department of Human Resources Development terhadap lamaran pekerjaan saudara (i) dengan ini kami menyatakan telah Memenuhi Persyaratan Kualifikasi dan saudara (i) berhak untuk mengikuti tahapan interview yang akan diadakan sesuai dengan jadwal sebagai berikut.

    Hari/Tanggal : Selasa. 07 Jun, 2016
    Waktu/Jam : Perhatikan table
    Tempat : Putri Yuma Hotel.
    Jl.Mertasari 59 Sidakarya Suwung Kangin Sanur-Bali


    Untuk dapat mengikuti interview ini Saudara (i) diwajibkan membawa :
     KTP/SIM (Kartu Indentitas Diri) asli.
     Alat Tulis (Pensil 2B, ballpoint, dan penghapus).
     Nomor/Kartu Peserta
    Diharap hadir di tempat interview sebelum waktu yang ditentukan (apabila tidak hadir dianggap mengundurkan diri)

    Demikian untuk diketahui dan atas perhatian Saudara (i) di ucapkan terima kasih.




    Jakarta, 06 Jun, 2016
    Hormat Kami




    Rizki Anwar Somandhi
    Human Resources Development

    Tembusan :
    1. Departemen Tenaga Kerja.
    2. Angkasa Pura .


    BERIKUT INI PENGUMUMAN DAFTAR PESERTA YANG BERHAK MENGIKUTI INTERVIEW
    NO NOMOR REGISTER NAMA PESERTA RUANG dan WAKTU
    1 PS-HRD/0147/2016 Derry Amanda RUANG l
    Pukul 14:30 WIB
    Sampai Selesai
    2 PS-HRD/0148/2016 Felisia Novita Widyawati Polo,S.KM
    3 PS-HRD/0149/2016 Tanti Nilawati Pasaribu
    4 PS-HRD/0150/2016 Dendy Hernawan Andung
    5 PS-HRD/0151/2016 Ariani Yuliansari
    6 PS-HRD/0152/2016 Nur Cahyati
    7 PS-HRD/0153/2016 Rizky Alzeino
    8 PS-HRD/0154/2016 Imam Mahmudi
    9 PS-HRD/0155/2016 Febriadi Gunawan
    10 PS-HRD/0156/2016 Riyan May Saputra
    11 PS-HRD/0157/2016 Hari Wibowo RUANG II
    Pukul 14:30 WIB
    Sampai Selesai
    12 PS-HRD/0158/2016 Gabriel Dhuhita
    13 PS-HRD/0159/2016 Ach Zeini
    14 PS-HRD/0160/2016 Novi Yuliyanti
    15 PS-HRD/0161/2016 Riska Novayanti
    16 PS-HRD/0162/2016 Fiqri Wahyu Rizaldy
    17 PS-HRD/0163/2016 Riska Apsari
    18 PS-HRD/0164/2016 Igut Hepy Pretty Henukh,SH
    19 PS-HRD/0165/2016 Purna Irawan, S.H.I
    20 PS-HRD/0166/2016 Mohammad Yusuf Faisol

    KETENTUAN PESERTA
    Peserta interview wajib untuk melakukan SMS konfirmasi kehadiran ke Division Of Human Development dengan Format : ANGKASAPURA#NAMA#KOTA#HADIR Kirim ke : 085398350825

    Peserta interview wajib menggunakan baju kemeja putih dan Rok/Celana hitam.

    Maximal pengikut/Pendamping yang biayanya di tanggung oleh Angkasa Pura adalah 1 (satu) orang.

    Peserta interview wajib reservasi tiket dan mengambil nomor peserta di Angkasa Tour & Travel paling lambat sehari sebelum interview.


    ANGKASA TOUR & TRAVEL
    Penanggung Jawab : Gunawan Sutanto, S.Kom.
    Contact Person : 081340337907



    Bukti pembayaran akomodasi transportasi, nomor/kartu peserta dan bukti perjalanan lainnya wajib di serahkan ke Panitia.

    Semua biaya akomodasi transportasi di tanggung oleh peserta untuk semntara dan akan digantikan sepenuhnya oleh PT. Angkasa Pura setelah interview selesai.







    KETERANGAN
    Rekrutmen Karyawan pada perusahaan PT. Angkasa Pura untuk periode tahun 2016 penempatan kerja di bandara sebagai berikut.


    BalasHapus
    Balasan
    1. sama nih ane jg barusan dapet email kaya gni,, wah bner2 kampret penipunya..

      Hapus
  53. Rekrutmen Karyawan pada perusahaan PT. Angkasa Pura untuk periode tahun 2016 penempatan kerja di bandara sebagai berikut.

    Bandara Soekarno Hatta (Jakarta),
    Bandara Halim Perdana Kusuma (Jakarta),
    Bandara Kualanamu (Medan),
    Bandara Supadio (Pontianak),
    Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (Balikpapan),
    Bandara Minangkabau (Padang),
    Bandara Sultan Mahmud Badaruddin ll (Palembang),
    Bandara Sultan Hasanuddin (Makassar),
    Bandara Sultan Syarif Kasim ll (Pekanbaru),
    Bandara Husein Sastranegara (Bandung),
    Bandara Juanda (Surabaya),
    Bandara Haluoleo (Kendari),
    Bandara Sentani (Papua),
    Bandara El Tari (Kupang),
    Bandara Pattimura (Ambon Maluku),
    Bandara Sam Ratulangi (Manado),
    Bandara Ngurah Rai (Denpasar Bali),
    Bandara Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh),
    Bandara Sultan Thaha (Jambi),
    Bandara Depati Amir (Pangkal Pinang).

    dilaksanakan berdasarkan Peraturan Perusahaan Nomor : 22 Tahun 2007 dan Standar Operation Procedure (SOP) Department of Human Resources Development.

    KEBIJAKAN
    PT. Angkasa Pura menyatakan gaji karyawan akan meningkat berlipat-lipat kali bila di dasarkan pada level kinerja, Gaji Sebesar Rp6,800,000 Sampai Rp20,000,000 Perbulan. (belum termasuk premi atau lembur)
    Demikian penjelasan singkat yang dapat kami sampaikan, dan kami selaku panitia rekrutmen PT. Angkasa Pura menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas atensi dan partisipasinya dari proses Rekrutan sampai interview, dan apabila dalam proses interview ada hal yang tidak berkenang di hati pada peserta Kami selaku panitia meminta maaf yang sebesar-besarnya.


    Societ. per Azioni
    Capital Stock O441,410,900 fully paid
    Tax identification number and Milan Companiesƕ
    Register No. 008257O12
    Angkasa Pura is a subsidiary of Eni

    BalasHapus
  54. makasih atas infonya gan, ane jg bru dpt panggilan untuk pt mcdermott indonesia, curiga krna smua no kontaknya no hp bukan nomer telpon resmi kantor, panggilan jg dadakan sekarang dipanggil bsk harus tes di batam, kep Riau pdhal posisi ane dijogja,

    BalasHapus
  55. makasih banget atas info nya mas... aku dpt panggilan dari BRI dan BNI. Yang buat aku janggal... calon peserta masing2 sama 20 orang. loh kok sama? apa iya BNI sm BRI janjian? trs cara bedain panggilan kerja yg beneran gmna ya mas?

    BalasHapus
  56. Hati hati mc Dermoot, saya barusan kena tipu juga.. anjrit

    BalasHapus
  57. thanks infonya gr2 baca ini saya lebih wasapada lagi krn barusan saya juga dapat panggilan dr angkasa pura yg mencurigakan.

    BalasHapus
  58. saya juga dapat dari angkasa pura 2, harus reservasi melalui traveloka kirim biaya tiket dan akomodasi 2.755.000. saya cek website angkasa pura 2 ternyata tehap penerimaan calon karyawan sudah ditutup dan sudah tahap tes kesehatan.. alhamdulilah allah tetap melindungi saya dari tipuan yg seperti ini..

    No : 0198/HRD/PT.ANGKASA PURA 2/X/2016
    Hal : Panggilan Seleksi Rekruitmen Karyawan(i)
    Lamp : III (tiga) Lembar
    Kepada
    Yth. :
    Peserta Tes Calon Karyawan(i) PT Angkasa Pura II (Persero)
    Di
    Tempat.
    Berdasarkan hasil evaluasi tim seleksi terhadap lamaran kerja Saudara yang kami terima, dengan
    Ini kami sampaikan bahwa berkas lamaran Saudara memenuhi persyaratan yang ditetapkan. sehingga Saudara dapat mengikuti tes seleksi calon Karyawan(i) PT Angkasa Pura II (Persero)Untuk dapat mengikuti seleksi ini Saudara di wajibkan membawa KTP / SIM (Kartu indentitas diri asli) Serta Surat Panggilan Tes yang sudah di kirim via E-mail ke masing-masing peserta (Surat Mohon di Print). .
    Peserta yang namanya terdaftar diharapkan untuk mengikuti pengarahan yang akan diselenggarakan pada:
    Hari/Tanggal : Sabtu, 12 November S/d Senin, 14 November 2016.
    Waktu : Pk 08.30 WIB
    Tempat : Ruang Rapat Lantai VII
    Alamat Kantor PT Angkasa Pura II (Persero)
    Alamat : Bandara Internasional Jakarta Soekarno-Hatta Gedung 600,Tangerang 19120

    Peserta diharapkan hadir tepat waktu dan membawa berkas-berkas kelengkapan administrasi yang diminta (terlampir).
    Demikian informasi ini kami sampaikan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
    Calon Karyawan yang mengikuti tahapan tersebut diatas akan mendapat fasilitas dari PT Angkasa Pura II (Persero) berupa biaya transportasi dan akomodasi (penginapan dan komsumsi), dimana dalam pelaksanaannya menggunakan metode penggantian yaitu : Biaya Transportasi dan Akomodasi tersebut untuk sementara ditalangi atau menjadi beban sementara pada Calon Karyawan(i) dan akan mendapat penggantian biaya tersebut di atas oleh pihak PT Angkasa Pura II (Persero). Penggantian biaya tersebut akan dilaksanaan sebelum kegiatan tersebut di mulai dan hal ini berlaku untuk semua peserta/Calon Karyawan(i) Yang mengikuti Tahapan Seleksi ini (Lampiran : Prosedur Penggantian Dana Transportasi).
    Demikian penyampaian ini kami buat, atas perhatian dan kerja samannya kami menghaturkan banyak terima kasih
    Jakarta. 10 November 2016
    PT Angkasa Pura II (Persero)
    Hormat kami
    Division Of Human Development & Recruitmen

    Tri Sinoko
    GM. Perencanaan&Pengembangan
    SUSUNAN DIREKSI

    Direktur Utama Muhammad Awaluddin
    Direktur Komersial Kebandarudaraan Ituk Herarindri
    Direktur Keuangan Andra Y. Agussalam
    Direktur Pengembangan Komersial & Bisnis Daan Achmad

    http://www.angkasapura2.com/ PT Angkasa Pura II (Persero)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sya juga dapat bgt tp penanggung jawab beda org

      Hapus
    2. saya juga sama dengan mas Afis, saya baru kemarin tlfon penanggung jawabnya, dia meminta uang 2.5jt ke saya, dan alhamdulillah ALLAH SWT masih sayang sama saya

      Hapus
  59. Penipuan seperti ini ternyata masih berlangsung sampai sekarang,yang saya alami modus hampir sama hanya Perusahaannya saja yang berbeda,kebetulan saat ini yang dicatut adalah PT.Charoen Pokphand.

    Harap hati-hati dan waspada,dan saya berharap aparat yang berwenang bisa mengusut tuntas dan menangkap untuk sterusnya memproses hukum pelaku,karena pasti ini sangat merugikan masyarakat umum.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  60. Terima kasih atas infonya. Sya barusan lolos seleksi dan disuruh untuk ikt tes d Jakarta namun sya masih ragu

    BalasHapus
  61. Yaa Allah, ini penipuan ternyata sdh dari lama ya? saya barusan saja tgl 13 januari 2017 pukul 01.00 mendapatkan email tersebut. Masyaa Allah jahat sekali manusia2 itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga orang yg mengirim email dan menipu kita semua mendapatkan balasannya
      Amiiinnn

      Hapus
  62. siang mas, terima kasih bnyak informasinya alhamdulillah sangat berguna info ini, soalnya saya tgl 10 january di kirimin surat panggilan seleksi ke email saya dari email pt.angkasapura2, yang isi surat nya bahwa dari hasil peninjauan tim rekreut bahwa berkas lamaran saya itu sangat cocok dengan apa yg sedang mereka cari, yang sedangkan saya tidak pernah mengririm lamaran ke email tsb. dia juga meminta saya utk memsan tiket langsung ke ANGAKSA TOUR & TRAVEL dan dia juga meminta saya utk mengrim uang 2.5 jt yg itu semua utk pemesanan tiket PP, penginapan,akomodasi,konsumsi, dan brbagai keperluan seleksi lainnya dan dia hnya mmberi waktu saya sampai pukul 18.0 WIB. dan alhamdulillah ALLAH SWT masih sayang sama saya, alhamdulillah saya tidak mengirim uang yg dia minta

    BalasHapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  64. Saya juga kemarin baru dapat sms n email dari orang yang mengaku bapak toni bastiyan siregar yang mengatasnamakan PT.INdocement ... Hampir aja saya juga tertipu , untung saja saya langsung kroscek
    . padahal saya hanya lulusan smk , belum juga wawancara , langsung ada tulisan anda memenuhi kriteria seleksi administrasi di situlah saya merasa bingung ,,,
    Terima kasih buat teman" atas infonya ya ,

    BalasHapus
  65. Maaf lama tidak buka blog, ternyata modus ini masih ada sampai saat ini.
    mohon tetap berhati-hati teman. ada baiknya mencari info kebenarannya telebih dahulu sebelum langsung mengambil keputusan. karena penipuan semacam ini mesti ngsih waktu yang singkat dan dadakan agar korbannya tidak sempat mencari tahu lebih dulu seolah-olah anda lah kandidat yang paling dibutuhkan, apalagi mencatut nama perusahaan besar, Siapa yang tidak tergiur?
    cobalah berpikir kembali, Apakah segampang itu? di tengah banyaknya pencari kerja yang jumlahnya sudah puluhan ribu orang...
    Semoga yang belum bekerja mendapat pekerjaan yg layak sesuai dengan apa yg diharapkan,,, amiin

    BalasHapus
  66. itu 2016 ke 2018 kok sama persis.. ahahaha
    saya baru apply siang malam langsung di balas,, amazing banget lah...
    alhamdulillah saya tak tertipu..
    info nya luar biasa sekali admin

    BalasHapus
  67. itu 2016 ke 2018 kok sama persis.. ahahaha
    saya baru apply siang malam langsung di balas,, amazing banget lah...
    alhamdulillah saya tak tertipu..
    info nya luar biasa sekali admin

    BalasHapus
  68. Sama barusan saya juga dpt sms yang sama berkedok PT PLN. Jaman sekarang cari uang dg cara tidak halal. Hati" teman

    BalasHapus
  69. masih terjadi di tahun 2020. saya baru saja mendapat surat panggilan interview dari PT. PGN Persero. disuruh interview ke surabaya, menggunakan angkasa pura tour & travel. karna diberitahu teman untuk hati2. saya cari2 info, dan kebetulan menemukan blog ini. terima kasih infonya

    BalasHapus
  70. Saya juga.. dapat email dari pt pertamina. Tapi ternyata boong semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga dpet dr angkasa pura anjir kesel banget trnyt stlh baca dsini penipuan, untung blom sempet transfer

      Hapus
  71. Hari ini saya tertipu dan saya sudah transfer sejumlah 2,8 juta di PT. Angkasa tour travel untuk panggilan interview di PERTAMINA, semoga kedepan tidak lagi ada korban seperti saya.

    BalasHapus